Hal Penting Dalam Inisiasi Sebuah Proyek

Ada beberapa hal yang sangat penting jika kita dalam keadaan atau meng inisiasi sebuah projek swasta.

Beberapa hal ini akan membuat proyek yang Anda kembangkan menuju ketahap proyek selanjutnya. Apasaja hal tersebut?

Simak rangkuma kami berikut ini.

6 Hal Penting Dalam Inisiasi Sebuah Proyek

Fase inisiasi proyek adalah fase pertama dalam siklus hidup manajemen proyek, karena melibatkan memulai proyek baru. Dalam fase inisiasi, masalah atau peluang bisnis diidentifikasi, solusi ditentukan, proyek dibentuk, dan tim proyek ditunjuk untuk membangun dan memberikan solusi kepada pelanggan. Kasus bisnis dibuat untuk mendefinisikan masalah atau peluang secara rinci dan mengidentifikasi solusi yang disukai untuk implementasi.

Kasus bisnis meliputi:

Penjelasan rinci tentang masalah atau peluang dengan judul seperti Pendahuluan, Tujuan Bisnis, Pernyataan Masalah/Peluang, Asumsi, dan Kendala.
Daftar solusi alternatif yang tersedia.
Analisis manfaat bisnis, biaya, risiko, dan masalah.
Deskripsi solusi pilihan.
Persyaratan proyek utama.
Ringkasan rencana implementasi yang mencakup jadwal dan analisis keuangan.


Sponsor proyek kemudian menyetujui kasus bisnis, dan dana yang dibutuhkan dialokasikan untuk melanjutkan studi kelayakan. Terserah sponsor proyek untuk menentukan apakah proyek tersebut layak dilakukan dan apakah proyek tersebut akan menguntungkan bagi organisasi. Penyelesaian dan persetujuan studi kelayakan memicu dimulainya tahap perencanaan. Studi kelayakan juga dapat menunjukkan bahwa proyek tidak layak dilanjutkan dan proyek dihentikan; dengan demikian fase berikutnya tidak pernah dimulai.

Leave a Comment

Your email address will not be published.